Pembangunan Posyandu Desa Mandalagiri

Posyandu Kp.Sukatani

Pembangunan Posyandu adalah salah satu bentuk upaya pembangunan kesehatan yang bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk bersama masyarakat dalam penyelengaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Posyandu Kp.Sukatani

Dan tujuan utama dari posyandu itu ialah penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia melalui upaya pemberdayaan masyarakat. Sasaran dari pelayanan posyandu ialah seluruh masyarakat terutama bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, serta Wanita Usia Subur (WUS) dan Pasangan Usia Subur (PUS). Kegiatan posyandu terdiri dari Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, perbaikan gizi, pencegahan dan penanggulangan Diare.

 

Alhamdulillah Tahun ini melalui anggaran dari Dana Desa tahap II, kami telah membangun Posyandu di Desa Mandalagiri di 4 Titik yaitu di Kp.Sukatani, Kp.Cipurut, Kp.Cijambe dan Di Kp.Nagrog dan anggaran masing-masing Rp.40.684.000,- dengan total anggaran Rp.162.736.000,- dengan volume 6m x 3m x3m.

Pembangunan Gedung Posyandu merupakan hasil usulan prioritas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdesa) yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 untuk perencanaan tahun 2018.

Dengan adanya Gedung Posyandu di desa, masyarakat bisa memanfaatkan prasarana kesehatan ini untuk berbagai kegiatan kesehatan seperti Imunisasi, senam lansia serta kegiatan dan program kesehatan lainnya dari pemerintah yang difasilitasi oleh kadernya masing-masing. Itulah manfa’at dana desa yang dampaknya begitu besar terhadap pembangunan kesehatan dan tentunya menekan angka stunting terhadap kesehatan masyarakat.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan